Lanud Supadio Sukses Uji Fungsi Flare Pesawat Tempur Hawk 109/209

Lanud Supadio Sukses Uji Fungsi Flare Pesawat Tempur Hawk 109/209
Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat menggunakan pesawat tempur Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1 Wing 7 melakukan uji fungsi flare atau yang sering digunakan untuk mengecoh rudal lawan dalam pertempuran udara. (ANTARA/HO)

jpnn.com, PONTIANAK - Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio, Kalimantan Barat, melaksanakan uji fungsi flare pesawat tempur Hawk 109/209 dari Skadron Udara 1 Wing 7, Kamis (12/8). 

"Hari ini kami melakukan uji fungsi flare. Alat ini sering digunakan untuk mengecoh rudal lawan dalam pertempuran udara," kata Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Kamis (12/8). 

Sebelum melakukan kegiatan, Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak bersama tim uji fungsi flare dari Markas Besar TNI AU dan mitra kerja melaksanakan briefing untuk kelancaran.

Dalam pelaksanaannya, Hawk 109/209 bernomor registrasi TT-0228 yang diterbangkan Komandan Skadron Udara 1 Letkol Pnb M. Amry "Thresher" Taufanny berhasil melepaskan sejumlah flare pada ketinggian sekitar 1.000 kaki.

Hal itu dikuatkan oleh Mayor PNB M. Higha "Hydra" Afrianda saat melakukan observasi di udara menggunakan Hawk 109/209 (TL-0111) di belakang pesawat uji tersebut. 

Usai pelaksanaan, Marsma TNI Deni menjelaskan uji flare dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar. “Secara visual, seluruh flare yang dipasang di pesawat tempur Hawk 109/209 sukses dilepaskan dalam enam kali run (putaran). Jadi, tiap sekali run, lima flare keluar sempurna dengan total yang terpasang di pesawat sebanyak 30 flare," pungkas Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak. (antara/jpnn) 

Danlanud Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak mengatakan uji flare pada pesawat tempur Hawk 109/209 berjalan aman dan lancar. 


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News