LAPAN Bergabung dengan BRIN, Ini 5 Langkah Handoko

LAPAN Bergabung dengan BRIN, Ini 5 Langkah Handoko
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyiapkan lima langkah menyikapi bergabungnya LAPAN dengan BRIN. Foto Humas BRIN

jpnn.com, JAKARTA - Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) oleh Presiden Joko Widodo pada 28 April 2021 lalu, berimbas pada integrasi sejumlah lembaga.

Di antaranya LAPAN secara bertahap akan diintegrasikan ke dalam BRIN sebagai Organisasi Pelaksana Litbangjirap (OPL) bersama tiga lembaga lain, yaitu Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). 

Pembentukan BRIN mengikuti amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UU Sisnas Iptek) yang mengamanatkan pengintegrasian kegiatan litbangjirap serta invensi dan inovasi.

BRIN akan melakukan konsolidasi sumber daya riset dan inovasi Indonesia, baik sumber daya manusia, infrakstruktur, maupun anggaran. 

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko (LTH) menjelaskan dengan segala sumber daya yang dimiliki Indonesia, tentunya BRIN diminta untuk menjadi motor garda depan sebagai pengungkit menciptakan ekosistem riset yang memiliki standar global.

Sehingga pada akhirnya menciptakan fondasi ekonomi masa depan Indonesia berbasis riset dengan fundamental yang kuat dan berkesinambungan.

“Dalam konteks Indonesia saat ini, kami diminta untuk lebih fokus pada digital economy, green economy, dan blue economy," ujarnya, Senin (17/5).

Dia melanjutkan, LAPAN mempunyai tugas penting terkait eksplorasi keanekaragaman geografi Indonesia, teknologi penerbangan dan keantariksaan.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menyiapkan lima langkah menyikapi bergabungnya LAPAN dengan BRIN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News