BEM SI Bakal Unjuk Rasa Lagi, Nih Tuntutannya

BEM SI Bakal Unjuk Rasa Lagi, Nih Tuntutannya
Koordinator BEM SI Wilayah Jabotabek Erfan Kurniawan. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau BEM SI bakal menggelar unjuk rasa sebagai respons atas sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang tidak kunjung menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang atau Perppu KPK.

“Paling lambat dua pekan dari sekarang BEM SI bakal unjuk rasa menuntut terbitnya Perppu KPK. Sekarang kami dalam persiapan,” kata Koordinator BEM SI wilayah Jabotabek Erfan Kurniawan saat dihubungi awak media, Senin (4/11).

Menurut Erfan, kampus di wilayah Jabodetabek dan Banten sedang konsolidasi sebelum menggelar aksi. Berbagai kajian dilakukan dengan cara mengundang pihak-pihak yang mengerti akan persoalan penerbitan Perppu.

"Misalnya kami membangun diskusi dengan akademisi, KPK, dan pakar-pakar hukum yang masih peduli dengan pemberantasan korupsi," lanjut dia.

Erfan menuturkan, BEM SI tetap berharap Jokowi menerbitkan Perppu. Sebab, Perppu bakal membuat upaya KPK memberantas menjadi kuat.

"Kami masih berharap Presiden Jokowi bisa mengakomodasi setiap keinginan dan tuntutan kami. Kami ingin Jokowi lepas dari lingkaran oligarki parpol," tutur dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sendiri belum berniat menerbitkan Perppu KPK. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menghargai pengajuan uji materi di Mahkamah Konstitusi terkait UU KPK hasil revisi.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Presiden Jokowi sudah melakukan hal tepat ketika menanggapi kemungkinan Perppu tentang KPK dengan menunggu proses uji materi di MK.

BEM SI bakal unjuk rasa lagi sebagai respons atas sikap Presiden Jokowi yang tidak kunjung menerbitkan Perppu KPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News