Laporan Hakim Nakal Naik 300 Persen

Terbukti Nakal, 15 Pengadil Diusulkan Terima Hukuman

Laporan Hakim Nakal Naik 300 Persen
Laporan Hakim Nakal Naik 300 Persen
JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) melansir ribuan laporan tentang hakim nakal yang diterimanya selama 2011. Lembaga yang dipimpin Eman Suparman itu memastikan bahwa jumlah laporan yang diterima pihaknya meningkat drastis jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Selama bulan Januari sampai 15 Desember 2011 ada 1.658 laporan masyarakat yang masuk ke Komisi Yudisial (KY)," kata juru bicara KY Asep Rahmat Fajar di kantornya, Selasa (27/12). Tentu saja laporan-laporan tersebut berkaitan dengan perilaku hakim yang diduga melanggar kode etik dan perilaku hakim.

   

Tentu saja angka itu melonjak tajam jika dibandingkan dengan laporan tahun 2010 yang hanya menerima 641 laporan hakim nakal. Asep pun tidak merinci apa penyebab melonjaknya angka laporan selama 2011 dibanding tahun sebelumnya.

Yang jelas, kata dia, meski telah menerima ribuan laporan, pihaknya tidak bisa menindaklanjuti semua laporan tersebut. Sebab, laporan yang ditindaklanjuti adalah laporan-laporan yang berbobot dan memiliki bukti indikasi pelanggaran tersebut.

JAKARTA - Komisi Yudisial (KY) melansir ribuan laporan tentang hakim nakal yang diterimanya selama 2011. Lembaga yang dipimpin Eman Suparman itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News