Lawan KRI, Kapal Nelayan Thailand Tenggelam

Lawan KRI, Kapal Nelayan Thailand Tenggelam
Lawan KRI, Kapal Nelayan Thailand Tenggelam
ANAMBAS  - Delapan nelayan asal Thailand yang memburu ikan di wilayah perairan Anambas, nekad melakukan perlawanan saat hendak disergap KRI Kelabang. Kapal nelayan Thailand dengan nomor lambung BTH 87783 TS itu bocor dan akhirnya tenggelam di mil 50 perairan Anambas. Ke-delapan  anak buah kapal (ABK) dan nahkoda kapal tersebut berhasil diselamatkan.

Kejadian yang berlangsung Kamis (6/5) itu kemarin (11/5) dibeberkan Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Apri Suryanta. Diceritakan, kapal nelayan ini kedapatan tengah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Anambas. Namun saat hendak ditangkap, kru melakukan perlawanan dengan menabrakkan kapal ke KRI Kelabang.

"Sebenarnya kami tidak mau ada kekerasan. Tapi nahkoda kapal nelayan ini mencoba melawan," kata Apri. Meski begitu, lanjut Apri, KRI Kelabang hanya menyemprotkan air ke arah kapal nelayan itu. Hingga akhirnya kapal nelayan tersebut bocor dan tenggelam saat hendak diseret ke pangkalan TNI AL Tarempa.

Apri memperkirakan, kapal nahas tersebut telah berhasil menangkap sekitar 3 ton ikan dengan alat troll atau sejenis pukat harimau. Hasil tangkapan itupun ikut tenggelam bersama bangkai kapal.

ANAMBAS  - Delapan nelayan asal Thailand yang memburu ikan di wilayah perairan Anambas, nekad melakukan perlawanan saat hendak disergap KRI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News