Demo Rusuh, Sragen Mencekam

Ribuan Warga Desak Bupati Untung Mundur

Demo Rusuh, Sragen Mencekam
Demo Rusuh, Sragen Mencekam
SRAGEN - Sragen mencekam. Kemarin (11/5) ribuan warga nglurug ke Kantor Bupati Sragen di Jalan Sukowati. Mereka menuntut Bupati Sragen Untung Wiyono mundur dari jabatan. Massa yang beraksi kemarin jauh lebih besar dan beringas daripada aksi-aksi serupa yang dilakukan sebelumnya. Ribuan pengunjuk rasa dari 23 partai politik (parpol) dan 48 elemen organisasi massa (ormas) merangsek ke halaman Kantor Pemkab Sragen. Bahkan, massa yang beringas merusak sejumlah fasilitas umum di beberapa sudut kota.

Aksi massa yang tak terkendali itu pun memaksa polisi bekerja keras menyiapkan pengamanan. Di sepanjang tembok depan kantor pemkab dipasangi barikade kawat berduri. Barikade serupa juga dipasang polisi di depan pintu timur kantor. Meski dihalangi kawat berduri, massa nekat merangsek. Bentrok fisik antara aparat keamanan dan pendemo pun tak terelakkan. Lima orang terluka dalam bentrok tersebut. Dua korban luka adalah anggota kepolisian dan tiga pengunjuk rasa.

Unjuk rasa yang dipimpin sejumlah anggota dewan periode 1999-20004 itu kemarin dimulai dari gedung KNPI sekitar pukul 10.00. Massa berjalan kaki ke kantor pemkab yang berjarak sekitar 400 meter. Selain membawa beragam poster dan spanduk, massa mengusung beberapa bambu pendek.Sambil berjalan, mereka membakar sejumlah ban bekas di jalan yang dilewati. Akibatnya, kondisi Kota Sragen yang terkenal adem itu berubah mencekam. Di sana-sini terlihat ban terbakar. Asap hitam pun membubung.

Saat pengunjuk rasa menuju kantor pemkab, dari arah berlawanan muncul massa yang terdiri atas gabungan parpol di Sragen. Mereka bergerak menuju gedung pemkab. Dalam perjalanan, massa merusak baliho besar di pinggir jalan. Meski aksi massa kemarin dinilai cukup beringas, aktivitas ekonomi di sepanjang jalan yang mereka lalui tetap normal. Toko-toko di sepanjang jalan yang dilalui pengunjuk rasa juga buka.

SRAGEN - Sragen mencekam. Kemarin (11/5) ribuan warga nglurug ke Kantor Bupati Sragen di Jalan Sukowati. Mereka menuntut Bupati Sragen Untung Wiyono

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News