Layanan di Saudi Sudah Oke, Calon Jemaah Haji Indonesia Bisa Tenang

Layanan di Saudi Sudah Oke, Calon Jemaah Haji Indonesia Bisa Tenang
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag Subhan Cholid menyebutkan.ada tiga jenis layanan jemaah haji di Arab Saudi, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

Untuk layanan akomodasi disiapkan dengan mengacu pada standar kualitas hotel, jarak ke Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, wilayah, harga, serta kemudahan akses transportasi bus salawat (khusus di Mekah), dan distribusi katering.

"Di Mekah, hotel jemaah rencananya dibagi dalam lima wilayah, yaitu Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal & Misfalah," terang Subhan, Senin (9/5).

Dia menyampaikan penempatan jemaah haji di Mekah dilakukan dengan sistem zonasi berdasarkan asal embarkasi sesuai Keputusan Dirjen PHU Nomor 140 Tahun 2022.

"Di Madinah, hotel jemaah ada di wilayah Markaziyah atau kawasan terdekat dari Masjid Nabawi. Hotel jemaah dibagi dalam tiga wilayah, yaitu Syimaliyah, Janubiyah, dan Gharbiyah," sambungnya.

Sejumlah fasilitas hotel, lanjut Subhan, juga sudah disiapkan, yaitu air mineral (1 liter dalam kemasan botol/hari/jemaah), handuk, selimut, peralatan mandi, mesin cuci, dan fasilitas pergantian sprei dan sarung bantal.

Pihak hotel akan menyiapkan air zamzam dalam kemasan galon (dispenser).

"Pihak hotel juga harus siapkan petugas angkut koper sampai kamar jemaah, petugas kebersihan, dan petugas keamanan," paparnya.

Layanan bagi jemaah mulai dari transportasi sampai makan di Saudi sudah oke, calon jemaah haji Indonesia bisa tenang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News