Layani Mudik Lebaran Pelni Siapkan 26 Armada

Layani Mudik Lebaran Pelni Siapkan 26 Armada
PT Pelni. Foto dok Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyiapkan 26 armada untuk melayani angkutan lebaran 1439 H 2018.

Direktur Armada PT. Pelni Tukul Harsono menjelaskan kapal akan singgah di 91 pelabuhan, melayani 1.100 ruas menempuh jarak 98.329 mile dengan kapasitas 53.763 pax/hari, termasuk dispensasi.

Selain menyiapkan 26 armada dengan trayek Nusantara, Pelni juga menyiapkan 47 armada kapal perintis untuk melayani pemudik ke 305 pelabuhan, 4.620 ruas dari pulau-pulau besar ke pulau terpencil dan terluar.

"Mudik dengan kapal Pelni lebih Indonesia. Selama ini mudik lebih dikenal dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, mudik dengan kapal Pelni melayani hampir ke seluruh pulau di tanah air," jelas Tukul.

Tukul menambahkan untuk mengantisipasi permintaan, Pelni melakukan rerouting ke ruas-ruas padat penumpang, di antaranya untuk wilayah barat Batam-Belawan, Kumai-Semarang, Sampit-Semarang, Kumai-Surabaya, Sampit-Surabaya dan Balikpapan-Surabaya.

"Kami tidak menambah armada namun menambah frekuensi pada ruas padat penumpang dengan mererouting kapal," tutur Tukul.

Pada mudik 2018 ini Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang pergi pulang.

Mudik gratis sepeda motor dimulai pada 9 Juni hingga 22 Juni 2018. Pendaftaran mudik sepeda motor telah dibuka sejak 23 Maret akan berakhir 2 Juni 2018.

Selain menyiapkan 26 armada dengan trayek Nusantara, Pelni juga menyiapkan 47 armada kapal perintis untuk melayani pemudik ke 305 pelabuhan, 4.620 ruas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News