Lebak Terancam Banjir dan Longsor

Lebak Terancam Banjir dan Longsor
Banjir kiriman Sei Padang merendam ratusan rumah di Bandar Utama. Foto: Sopian/Sumut Pos

jpnn.com, LEBAK - Memasuki musim musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat mewaspadai terjadinya banjir bandang dan longsor di 16 kecamatan dari 28 Kecamatan yang ada. Karena berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ke-16 kecamatan ini rawan bencana banjir dan longsor.

“Kita sudah mendapatkan laporan secara periodik dari BMKG, dimana untuk musim penghujan tahun 2018 dan 2019 ini, ada 16 kecamatan yang berpotensi dilanda banjir dan 12 kecamatan berpotensi terjadinya bencana longsor, karena banjir biasanya diikuti oleh longsor,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kafrawi kepada INDOPOS, Kamis (15/11).

Kendati demikian, pihaknya mengaku sudah mengantisipasi dan meminimalisir agar tak korban jiwa dan harta benda akibat bencana, dengan melakukan sosialisasi, simulasi, termasuk dalam menghadapi tanggap darurat hingga pasca bencana.

Ke-16 Kecamatan yang berpotesi terjadinya banjir bandang jika intensitas hujan turun secara terus menerus dan ektrem adalah,Kecamatan Rangkasbitung, Kalanganyar, Cibadak,Warunggunung, Sobang, Cimarga, Leuwidamar,Cileles, Banjarasari,Gunung Kencana, Wanasalam, Cikulur, Bayah, Maja, Curugbitung dan Lebak Gedong. “Kita sudah menyiapkan logistik untuk enam bulan ke depan, yaitu,beras 27 ton, mie instan 1.000 dus, tenda darurat, perahu karet, dan kebutuhan sehari hari lainnya bagi pengungsi jika sewaktu-waktu datang bencana,” tutur Kafrawi.

Menurut Kafrawi, selain ancaman banjir dan longsor di 16 kecamatan, ada 6 kecamatan di Kabupaten Lebak yang berpotensi terjadinya gempa dan tsunami, yaitu Kecamatan Wanasalam, Malingping, Penggarangan, Cihara, Bayah dan Cilograng, dengan masyarakat terpapar dari mulai Kecamatan Wanasalam hingga Cilograng sebanyak 24 ribu jiwa.

Dikatakan BPBD Lebak,Pemprov Banten dan pemerintah pusat juga sudah membangun jalur jalur evakuasi di daerah daerah yang rawan terjadinya bencana tsunami di Kecamatan Cihara, Panggarangan dan Cilograng.

“Untuk antisipasi banyaknya jatuh korban jiwa jika sewaktu waktu terjadi bencana tsunami, sudah dibangun shelter tsunami yang dapat menampung 7 ribu jiwa di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam,” cetusnya.

Ia menjelaskan, banjir dan longsor yang terjadi selama ini di Lebak adalah akibat wilayah hulu sungai menyempit dan terjadi longsoran akibat curah hujan yang ekstrem. Ketika longsor terjadi, pohon-pohon yang ada secara utuh turut tumbang dan menyumbat puluhan titik di hulu sungai. Ditambah dengan adanya akumulasi curah hujan yang tinggi maka banjir bandang akan terjadi.

Memasuki musim musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat mewaspadai terjadinya banjir

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News