Lebaran 25 Juni, tapi Tunggu Sidang Isbat ya

Lebaran 25 Juni, tapi Tunggu Sidang Isbat ya
Melihat hilal. Ilustrasi Foto: Ismail Pohan/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencananya Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1438 atau lebaran pada Sabtu depan (24/6).

Meskipun belum digelar, kemungkinan besar 1 Syawal serentak jatuh pada 25 Juni.

Merujuk pada perhitungan hisab Muhammadiyah, tinggi hilal saat dilakukan rukyah pada 24 Juni nanti lebih dari 3 derajat.

Dengan ketinggian tersebut, hampir bisa dipastikan 1 Syawal jatuh pada Minggu (25/6). Acuan saat melihat hilal adalah dua derajat.

Jika tinggi hilal kurang dari dua derjat, cukup sulit dipantau dengan rukyat. Sedangkan jika tinggi hilal lebih dari dua derajat, cukup mudah dilihat saat rukyat.

Meskipun begitu Kemenag berharap masyarakat menunggu hasil sidang isbat. Nantinya sidang isbat akan dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Hadir juga ketua umun MUI KH Ma'ruf Amin dan pimpinan Komisi VIII DPR. Seperti pada umumnya, sidang ini digelar tertutup.

Di dalam sidang nanti Kemenag pusat akan menerima laporan pemantauan hilal dari penjuru Indonesia. Satu saja ada yang berhasil melihat hilal, maka esoknya sudah 1 Syawal.

Rencananya Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1438 atau lebaran pada Sabtu depan (24/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News