Lebih 20 Ribu Orang Ikuti Webinar Literasi Digital Kemenkominfo di Jateng

Lebih 20 Ribu Orang Ikuti Webinar Literasi Digital Kemenkominfo di Jateng
Webinar literasi digital yang digelar Kemenkominfo secara serentak di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Yogyakarta, Sabtu (28/8). Foto: Humas Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Lebih dari 20 ribu orang mengikuti webinar literasi digital dengan tema ”Bermedia Digital sing Apik” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara serentak di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta, Sabtu (28/8).

Selain partisipan aktif di zoom meeting yang mencapai 20 ribu, menurut catatan penyelenggara, tak kurang dari 60 ribu pengguna menjadi unique participants dari total 83 ribu pendaftar.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate dalam sambutan di awal webinar mengatakan pembatasan sosial maupun kegiatan masyarakat yang disebabkan karena pandemi Covid-19 telah mendorong warga untuk berinteraksi di ranah digital.

Dia menyebut saat ini terdapat 200 juta warganet di Indonesia beraktivitas di ruang digital. Namun, layaknya pisau bermata dua, ruang digital memiliki sisi positif dan negatif seiring dengan kemudahan berinteraksi dan berkomunikasi.

Johnny mengatakan sisi gelap internet antara lain terwujud lewat beredarnya hoaks, perundungan, radikalisme, hingga konten terorisme yang turut mengintai.

Menurutnya, kecakapan dengan melalui literasi digital sudah bukan lagi kebutuhan tetapi menjadi keharusan untuk menciptakan ruang digital yang aman, nyaman, dan produktif.

Untuk memastikan internet dimanfaatkan yang terang dan optimal, pemerintah melalui Kemenkominfo meluncurkan program literasi digital.

Program ini menyasar 50 juta masyarakat di 34 provinsi, 514 kabupaten dan kota hingga 2024 mendatang. Adapun untuk tahun 2021, ditargetkan menyasar 12,4 juta masyarakat digital.

Kemenkominfo menggelar webinar literasi digital dengan tema ”Bermedia Digital sing Apik” secara serentak di 35 kabupaten/kota se-Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News