Lebih Separoh DAU Habis untuk Gaji Pegawai

Lebih Separoh DAU Habis untuk Gaji Pegawai
Lebih Separoh DAU Habis untuk Gaji Pegawai
JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui bahwa begitu pesatnya pemekaran wilayah juga berdampak kurang baik bagi daerah, terutama dalam pengelolaan keuangan. Sebab, semakin banyak daerah yang menggunakan separo lebih dana alokasi umum (DAU) hanya untuk keperluan gaji pegawainya.

"Seharusnya, daerah yang sehat adalah daerah yang anggaran untuk belanja aparatur termasuk gaji pegawai lebih kecil jika dibandingkan dengan anggaran pembangunan dan belanja modal," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djoehermansyah kemarin (8/7).

Memang, berdasarkan Kemendagri, rata-rata daerah mengeluarkan dana 57 persen dari DAU hanya untuk gaji pegawai. Bahkan, ada juga daerah yang mengeluarkan 60-80 persen dana dari pusat tersebut untuk keperluan yang sama. Namun, pria yang akrab disapa Djoe itu belum bisa merinci tentang daerah mana saja yang banyak menggunakan DAU untuk kepentingan gaji pegawai.

Namun dia mengakui bahwa tingginya penggunaan DAU hanya untuk gaji itu terjadi di daerah-daerah otonomi baru. Kata Djoe, tidak menutup kemungkinan daerah otonomi lama juga banyak yang melakukan hal serupa. Daerah-daerah tersebut memang hanya mengandalkan dana dari pusat untuk membiayai pegawainya. 

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengakui bahwa begitu pesatnya pemekaran wilayah juga berdampak kurang baik bagi daerah, terutama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News