Ledakan Sumur Minyak PT BSP Makan Korban, DPRD Riau: Tindak Tegas, Evaluasi!

Ledakan Sumur Minyak PT BSP Makan Korban, DPRD Riau: Tindak Tegas, Evaluasi!
Penyidik Satreskrim Polres Siak melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) ledakan sumur minyak PT Bumi Siak Pusako (BSP) di wilayah Zamrud, Kecamatan Dayun. Foto: dokumentasi Polres Siak

jpnn.com, PEKANBARU - Insiden ledakan sumur minyak PT Bumi Siak Pusako (BSP) yang berada di wilayah Zamrud, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, yang menelan korban jiwa jadi sorotan DPRD Riau.

Insiden ledakan yang terjadi 26 Januari 2023 lalu menjadi sorotan lantaran sampai memakan korban jiwa, dan tiga pekerja luka-luka.

Sempat menjadi pertanyaan mengapa perusahaan minyak bumi itu tidak langsung melaporkan ke Disnakertrans, bahkan kepolisian.

Setelah hampir seminggu insiden itu baru terkuak, hingga akhirnya pihak kepolisian melakukan penyelidikan.

Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho mengucapkan duka yang mendalam bagi keluarga korban. Dia juga sangat menyesali peristiwa tersebut.

“Saya sangat saya sesalkan kenapa peristiwa itu bisa terjadi? padahal K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) menjadi syarat utama opersional sebuah perusahaan tambang, apalagi tambang minyak,” kata Agung kepada JPNN.com Jumat (3/2).

Menurut politikus Partai Demokrat itu, kejadian ini merupakan hal yang fatal.

“Tentu kita semua mempertanyakan hal ini? apakah ada SOP yang dilanggar? bila memang ada, tentunya ini sebuah kesalahan yang fatal. Seharusnya SOP K3 sebuah tambang minyak harus lebih jelimet dan lebih hati-hati lagi,” tandasnya.

Insiden ledakan sumur minyak PT Bumi Siak Pusako (BSP) di Kabupaten Siak yang menelan korban jiwa jadi sorotan DPRD Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News