Legenda Sepakbola Portugal Tutup Usia

Legenda Sepakbola Portugal Tutup Usia
Eusebio. FOTO: getty images

jpnn.com - PORTO - Legenda sepakbola Portugal, Eusebio meninggal dunia. Halaman SkySports, Minggu (5/1) menyebutkan mantan bintang klub Benfica ini menghembuskan nafas terakhir karena sakit jantung yang dideritanya dalam usia 71 tahun.

Semasa hidup pemain yang dijuluki Black Panther ini merupakan bagian dari generasi emas sepakbola Portugis di tahun 60-an. Pemilik nama lengkap Eusibio da Silva Ferreira ini  membawa Portugal melaju ke babak semi final Piala Dunia 1966 yang berlangsung di Inggris. Kala itu ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan sembilan  gol  sekaligus membawa negaranya keluar sebagai juara ke tiga.

Sementara itu bersama Benfica pria kelahiran Mozambiqe berhasil mengangkat tropi Piala Eropa (Liga Champions) tahun 1962. Saat itu Benfica berhasil mempertahankan gelar setelah mengalahkan Real Madrid di partai puncak dengan skor 5-3.

Eusebio juga mencetak gol saat membawa klubnya maju ke partai final Liga Champions saat dikalahkan AC Milan tahun 1963 dan Manchester United 1968. Sedangkan pada final 1965 melawan Inter Milan pemain yang membawa Benfica 11 kali juara liga utama Portugal ini tidak mencetak gol.

Atas prestasi tersebut Eusebio meraih anugrah European Footballer of The Year tahun 1965 dan keluar sebagai runner-up di tahun 1962 dan1966. Sementara itu di tahun 1968 ia meraih Golden Boot Award.

Sebelum mengakhiri karir di Benfica pada 1975 dia berhasil mencetak 371 gol dari 301 laga yang diikutinya bersama klub asal Lisbon tersebut.(zul/jpnn)


PORTO - Legenda sepakbola Portugal, Eusebio meninggal dunia. Halaman SkySports, Minggu (5/1) menyebutkan mantan bintang klub Benfica ini menghembuskan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News