Lelah Berkepanjangan? Awas Fibromialgia Syndrome

Lelah Berkepanjangan? Awas Fibromialgia Syndrome
Lelah Berkepanjangan? Awas Fibromialgia Syndrome
JAKARTA - Anda merasakan kelelahan yang berkepanjangan? Atau, sudah cukup istirahat tetapi tetap merasa kelelahan? Berhati-hatilah, mungkin itu karena anda menderita fibromialgia syndrome (FMS). Pada umumnya, kebanyakan pasien fibromialgia ini mengeluh seluruh badannya sakit dan merasakan otot-ototnya seperti ditarik-tarik.

"Otot-ototnya seolah-olah bekerja berat, terkadang rasanya seperti terbakar, terutama di tengkuk,punggung,bahu dan panggul," kata konsultan neurologi FKUI, Prof Dr Bob Santoso Wibowo, Sps (K) dalam simposium ilmiah bertajuk "A Clinically Proven Breakthrough to Regain & Overcome Chronic Fatique and Fibromyalgia" di Hotel Gran Melia Jakarta, Sabtu (17/10) kemarin.

Lebih lanjut dikatakannya, penyakit fibromialgia lebih sering diderita wanita dari pada pria. "Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia. Tetapi kebanyakan pasien fibromialgia syndrome adalah wanita," kata Bob.

Penyakit ini, lanjut Bob, merupakan suatu gangguan yang sering dijumpai dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Penderita sindrom ini mencapai sekitar 2-4 persen dari populasi.

JAKARTA - Anda merasakan kelelahan yang berkepanjangan? Atau, sudah cukup istirahat tetapi tetap merasa kelelahan? Berhati-hatilah, mungkin itu karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News