Kembangkan Motor Berbahan Bakar Air Campur Premium

Kembangkan Motor Berbahan Bakar Air Campur Premium
Kembangkan Motor Berbahan Bakar Air Campur Premium
SOLO-  Sejumlah  mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu menciptakan kombinasi bahan bakar premium dan air sebagai konsumsi sepeda motor balap."Ini sepeda motor balap yang menggunakan bahan bakar berteknologi campuran premium dan air," terang Sigit Pramono K. dan Bayu Damar Widodo, dua orang yang duduk di belakang motor tersebut.

Kedua orang ini ternyata mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UMS. Sedangkan motor di hadapannya adalah milik Sigit sekaligus objek penelitian dalam pengerjaan tugas akhir (TA) di kampusnya.

"Motor ini berbahan bakar campuran air dan premium dengan perbandingan untuk 20 persen air dan untuk 80 persen premium. Mengapa kami menggunakan air, karena di sini air berfungsi untuk menaikkan oktan pada premium. Oktan yang tinggi mampu menyempurnakan pembakaran, sehingga daya yang dihasilkan juga semakin besar," ungkap Sigit.

Penggunaan air membuat motor tak banyak menyerap bahan bakar. Mekanisme kerjanya air murni itu ditampung dalam tabung plastik yang dialirkan lewat selang melalui pompa vakum menuju manipol. Masuknya air tersebut juga membuat bensin menjadi sulit terbakar sehingga menjadi irit. Modifikasi bahan bakar tersebut setara dengan benzol yang menjadi bahan bakar motor balap.

SOLO-  Sejumlah  mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mampu menciptakan kombinasi bahan bakar premium dan air sebagai konsumsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News