Lembaga IRRI Sebut Indonesia Swasembada Beras, Mentan SYL: Kejayaan Terulang

Lembaga IRRI Sebut Indonesia Swasembada Beras, Mentan SYL: Kejayaan Terulang
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan pertanian 2022 kepada petani, pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), dan pelaku usaha. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan pertanian 2022 kepada petani, pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), dan pelaku usaha.

Menurut dia pengharaan itu sebagai apresiasi kepada petani lantaran mendorong akselerasi perekonomian, sehingga sektor pertanian memberikan kontribusi dan capaian gemilang.

Selain itu, dia juga memberikan penghargaan kepada Provinsi Kepulauan Riau atas keberhasilannya sebagai provinsi menuju nol kasus PMK dan Kabupaten Sukoharjo atas keberhasilannya dalam pengembangan kelapa genjah terbaik.

Tidak hanya itu saja, Mentan SYL memberikan penghargaan kepada petani bawang merah dan cabai.

Ikhwan Arif yang berasal dari Brebes dan Sumarna petani dari Garut masing-masing terpilih sebagai petani bawang merah dan cabai terbaik.

Mentan SYL menyampaikan rasa terima kasih kepada para petani dan pemerintah daerah yang terus bekerja, sehingga ketersediaan pangan tetap terjaga.

Dia menjelaskan atas kerja keras semua pihak Indonesia mendapatkan Certificate of Aknowledgement dari lembaga penelitian padi terpercaya di tingkat internasional, IRRI.

Menurut IRRI, Indonesia dinilai mampu mencapai swasembada beras, karena sukses membangun sistem pertanian dan pangan, serta mengimplementasikan teknologi.

"Kami 36 tahun lalu mengulangi kejayaan Indonesia. Pada tahun 1984, Pak Harto mendapatkan penghargaan swasembada beras dari FAO. Hari di zaman Pak Jokowi diulangi kembali," kata Mentan saat menyampaikan sambutan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Minggu (14/8).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan penghargaan pertanian 2022 kepada petani, pemerintah daerah (Provinsi, Kabupaten/Kota), dan pelaku usaha.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News