Lepas Anak Usaha, Raup Rp 35 Miliar

Lepas Anak Usaha, Raup Rp 35 Miliar
Lepas Anak Usaha, Raup Rp 35 Miliar
JAKARTA - PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) mendapat suntikan dana segar Rp 35 miliar. Itu diraup perseroan setelah melepas 49 persen atau seluruh kepemilikan saham anak usahanya, PT Centris Cisco kepada mitra strategis. Langkah itu ditempuh untuk menambah modal bagi perseroan. “Dari pelepasan itu, dana yang kami peroleh akan digunakan untuk kegiatan operasional perseroan,” ujar Kurniawan Udjaja, Direktur SMMA, di Jakarta, kepada wartawan akhir pekan lalu.

PT Centris Cisco merupakan perusahaan jasa keamanan, yang dimiliki SMMA dengan porsi sebesar 49 persen atau sebanyak 3,8 juta lembar saham. Sementara porsi saham lainnya, dimiliki perusahaan asing, Cisco Singapura sebesar 51 persen. Divestasi itu, sambung Kurniawan telah mendapat izin dari pemegang saham, melalui RUPS (rapat umum pemegang saham) akhir pekan lalu. Namun dia tidak menjelaskan siapa mitra strategis yang menjadi pembeli saham tersebut.

Selain itu sebut Kurniawan, tahun ini perseroan menganggarkan belanja modal sebesar Rp 169 miliar. Dana itu akan digunakan untuk pengembangan anak usaha, PT Bank Sinar Mas dan Asuransi Sinar Mas. Dana capex itu, tidak mengalami perubahan, dari edisi sebelumnya. Itu karena, belum adanya kebutuhan besar untuk investasi, baik SMMA sebagai induk maupun anak-anak usaha. “Makanya, kami belum ada rencana mengambil pendanaan eksternal, baik itu obligasi ataupun rights issue,” tandasnya.

Sementara, berdasarakan keputusan RUPS, perseroan akan membagikan dividen sebesar Rp 1 kepada pemegang saham, yang dibagikan 4 Juli 2010. Namun, berapa besaran total dividen itu, belum bisa menjelaskan. Pasalnya, ada pemegang waran SMMA yang akan mengkonversi menjadi saham dalam waktu dekat. “Kalau pemegang saham itu mengeksekusi, tentu jumlah saham akan bertambah,” ucapnya.

JAKARTA - PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) mendapat suntikan dana segar Rp 35 miliar. Itu diraup perseroan setelah melepas 49 persen atau seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News