Lepas Ekspor Pertanian Senilai Rp 12,45 Triliun, Wapres Beri Penghargaan ke Mentan SYL

Lepas Ekspor Pertanian Senilai Rp 12,45 Triliun, Wapres Beri Penghargaan ke Mentan SYL
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat melepas ekspor komoditas pertanian ke 176 negara dengan nilai transaksi sebesar 12,45 triliun di kawasan Terminal Petikemas, Koja, Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melepas ekspor komoditas pertanian ke 176 negara dengan nilai transaksi sebesar 12,45 triliun.

Kegiatan ini merupakan puncak program merdeka ekspor Kementerian Pertanian (Kementan) yang digelar di kawasan Terminal Petikemas, Koja, Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

"Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Menteri Pertanian (Syahrul Yasin Limpo) atas kontribusi nyatanya terhadap sektor pertanian Indonesia," ujar Wapres Ma'ruf Amin, Selasa (15/8).

Wapres Ma'ruf Amin mengaku bersyukur, karena sejauh ini sektor pertanian mampu membuktikan diri sebagai penopang ekonomi di saat pandemi serta memenuhi komoditas dalam negeri dan ekspor secara baik.

"Pandemi tidak serta merta mematikan sektor pertanian, tapi membuat bertahan dan terus tumbuh. Patut kita sukuri karena selain penyediaan pangan dalam negeri, beberapa komoditas juga dilakukan ekspor ke negara tetangga," katanya.

Berdasarkan data BPS, Wapres menyebut volume nilai ekspor hingga Juni 2023 mencapai 21,2 juta ton.

Ekspor tersebut ditopang komoditas perkebunan, hortikultura, peternakan dan produk olahan lain yang sudah masuk proses hilirisasi.

"Kita melakukan ekspor untuk yang kesekian kalinya. Menurut pak menteri, ekspor ini bisa mencapai Rp 900 triliun," sebut Wapres.

Wapres Ma'ruf Amin beri penghargaan Mentan SYL atas kontribusi nyatanya terhadap sektor pertanian Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News