Lereng Gunung Agung Terbakar, Petugas Kesulitan Memadamkan Api

Lereng Gunung Agung Terbakar, Petugas Kesulitan Memadamkan Api
Kawasan lereng Gunung Agung di Karangasem, Bali terbakar sejak Kamis (28/9). Foto: BPBD Karangasem/BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Dua kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi pada dua titik berbeda di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Hingga Jumat (29/9) ini petugas gabungan setempat masih melakukan upaya pemadaman.

Pusat Pengendalian Operasi Kabupaten Karangasem melaporkan karhutla terjadi di kawasan lereng Gunung Agung pada Kamis (28/9).

Lereng Gunung Agung Terbakar, Petugas Kesulitan Memadamkan Api
Petugas gabungan memadamkan api di lereng Gunung Agung, Karangasem, Bali. Foto: BPBD Karangasem

Api pertama kali teridentifikasi pada pukul 08.00 waktu setempat atau Wita. Peristiwa ini berada di Dusun Juntal, Desa Kubu, Kecamatan Kubu.

Informasi tersebut pertama kali dilaporkan Babinsa Kubu, yang menyebutkan adanya asap tebal di bagian lereng gunung.

"Pihak BPBD setempat merilis, belum diketahui penyebab karhutla tersebut," Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Disebutkan bahwa kawasan yang terbakar merupakan hutan lindung di lereng Gunung Agung. Titik api berada jauh dari pemukiman penduduk dan berada di tapal batas lahan masyarakat.

Tim gabungan yang berusaha untuk memadamkan api berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, dinas pemadam kebakaran, RPH Kubu, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan masyarakat setempat.

BNPB mengabarkan bahwa kawasan di lereng Gunung Agung di Karagasem, Bali terbakar sejak Kamis (28/9). Sulitnya medan membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News