Lestari Moerdijat Sebut Pariwisata Berkualitas & Berkelanjutan Butuh Dukungan yang Kuat

Lestari Moerdijat Sebut Pariwisata Berkualitas & Berkelanjutan Butuh Dukungan yang Kuat
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan dalam proses pengembangan wisata nasional harus diimbangi dengan konsistensi yang kuat.

"Tren kunjungan wisata pada tahun lalu yang membaik harus dipertahankan dengan konsisten meningkatkan kualitas pariwisata yang ditawarkan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/1).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Januari–November 2023 sebanyak 10,41 juta orang.

Jumlah tersebut, kata dia, meningkat 110,86 persen jika dibandingkan periode yang sama 2022.

Meski mengalami lonjakan signifikan dibandingkan 2022, total kunjungan wisman hingga November 2023 masih lebih rendah pada periode yang sama di 2019 (sebelum pandemi) yang mencapai 14,7 juta kunjungan.

Menurut Lestari, catatan pencapaian tahun lalu itu harus segera diikuti perencanaan pengembangan yang matang dengan mempertimbangkan berbagai potensi dan tantangan yang ada.

"Saya berpendapat mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan merupakan pilihan yang tepat dalam rangka pengembangan sektor wisata nasional yang lebih baik," kata wanita yang akrab disapa Rerie.

Tentu saja, ujar Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, pilihan mewujudkan pariwisata berkualitas itu menuntut kapasitas keterampilan sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan butuh dukungan yang konsisten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News