Lestari Moerdijat: Strategi yang Tepat Diharapkan Mampu Pertahankan Tren Penurunan Kasus Covid-19

Lestari Moerdijat: Strategi yang Tepat Diharapkan Mampu Pertahankan Tren Penurunan Kasus Covid-19
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 dalam pelaksanaan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro harus dipertahankan.

Lestari Moerdijat menegaskan salah satunya adalah melakukan evaluasi secara periodik untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

"Untuk mengetahui efektivitas kebijakan yang diterapkan harus dilakukan evaluasi secara periodik agar para pemangku kepentingan mengetahui langkah apa saja yang harus dilanjutkan dan harus dihindari," kata Lestari keterangan tertulisnya, Selasa (16/2).

Berdasar catatan Satgas Covid-19 dalam sepekan terakhir pelaksanaan penerapan PPKM mikro yang dimulai 9 Februari 2021, pertambahan kasus positif berkisar 6.000-9.000-an atau di bawah 10.000 kasus per hari.

Kasus aktif pun diklaim mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya jumlah pasien Covid-19 sembuh yang per Senin (15/2) mencapai 1.032.065.

Menurut Lestari, data tersebut harus benar-benar dikaji lewat evaluasi yang komperhensif, sehingga para pemangku kepentingan mendapatkan kesimpulan yang tepat sebagai pijakan aksi pengendalian penyebaran Covid-19.

"Apakah penurunan jumlah kasus dalam sepekan terakhir disebabkan kebijakan pembatasan kegiatan skala mikro yang diterapkan atau karena jumlah tes yang menurun," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari.

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan dalam tiga hari terakhir Sabtu (13/2), Minggu (14/2) dan Senin (15/2) berturut-turut hanya dilakukan testing Covid-19 terhadap 19.626 orang, 24.250 orang dan 24.889 orang.

Lestari Moerdijat mempertanyakan apakah penurunan jumlah kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir disebabkan kebijakan PPKM mikro yang diterapkan atau karena jumlah tes yang menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News