Letjen Doni Monardo Daftarkan Diri Sebagai Sukarelawan Vaksin COVID-19

Letjen Doni Monardo Daftarkan Diri Sebagai Sukarelawan Vaksin COVID-19
Ridwan Kamil dan Doni Monardo di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (6/8). Foto: Dok Humas Pemprov Jabar

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mendaftarkan diri sebagai sukarelawan untuk uji klinis Fase III vaksin COVID-19.

"Pemerintah berkomitmen dalam memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia melalui vaksinasi, dan kami ingin menyampaikan Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo telah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Kantor Presiden di Jakarta, Kamis (13/8).

Sebelumnya pejabat negara lain yang sudah mendaftarkan diri sebagai sukarelawan uji klinis fase III vaksin COVID-19 asal Sinovac adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Ini komitmen pemerintah mendukung perlindungan maksimal melalui program vaksinasi," kata Wiku.

Pada Selasa (11/8), Presiden Jokowi menyaksikan langsung penyuntikan dalam uji klinis tahap III kepada 20 perwakilan relawan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Penyuntikan akan dilakukan kepada 1.620 subjek sukarelawan yang ditargetkan semua uji klinis, termasuk otorisasi dari BPOM, akan tuntas pada Januari 2021.

"Sejak COVID-19 merebak, berita tentang vaksin jadi paling dinanti di dunia dan setelah empat bulan melawan COVID-19, dunia memasuki uji klinis Fase III dan kita harap, makin dekat vaksin yang akan melindungi masyarakat. Pemerintah optimistis dan mendukung produksi vaksin oleh Bio Farma," ucap Wiku.

Bila uji klinis Fase III vaksin berjalan lancar, vaksin selanjutnya akan diproduksi oleh BUMN farmasi Bio Farma.

Kepala Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mendaftarkan diri sebagai sukarelawan untuk uji klinis vaksin COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News