JPNN.com

Letkol AL Hendra: Malam Ini Kopaska dan Denjaka Bawa 3 Kantong

Jumat, 15 Januari 2021 – 22:57 WIB
Letkol AL Hendra: Malam Ini Kopaska dan Denjaka Bawa 3 Kantong - JPNN.com
Personel TNI AL mengevakuasi tiga kantong serpihan di Dermaga JICT 2, Jakarta Utara, Jumat (15/1/2021). Foto: ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Di hari ketujuh evakuasi Sriwijaya Air SJ-182, KRI Parang menyerahkan tiga kantong serpihan pesawat kepada Badan SAR Nasional (Basarnas).

"Malam ini kami KRI Parang membawa serpihan-serpihan temuan dari penyelam Kopaska dan Denjaka, yaitu berupa ada tiga kantong," kata Komandan KRI Parang Letkol AL Hendra Dwinanto dalam jumpa pers di Dermaga JICT 2, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Jumat (15/1).

Ia mengatakan ketiga kantong tersebut masing-masing berisi serpihan-serpihan pesawat, peralatan-peralatan pribadi penumpang pesawat dan juga serpihan puing cukup besar yang merupakan bagian dari body part pesawat Sriwijaya SJ-182.

"Dan yang terakhir ada dua buah komponen mesin pesawat yang cukup berat, kurang lebih 200 kilogram beratnya," kata dia.

Ketiga kantong tersebut berhasil diangkat dan ditemukan oleh para penyelam dan selanjutnya diserahkan kepada Basarnas dan KNKT untuk ditindaklanjuti.

Penyerahan ketiga kantong itu merupakan terakhir yang diserahkan kepada Basarnas pada hari ketujuh pencarian atau evakuasi korban dan puing-puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang hilang kontak dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki.

Sementara itu, Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman MS menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota yang terlibat dalam operasi pencarian, khususnya TNI AL, baik yang ada di kapal maupun kepada para penyelam yang telah berhasil menemukan serpihan-serpihan, termasuk serpihan yang cukup besar berupa turbin.

Selanjutnya, Basarnas akan menyerahkan ketiga kantong tersebut kepada KNKT dan Tim DVI untuk proses identifikasi lebih lanjut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...