Letusan Gunung Kelud Bikin Banyak Rumah di Kediri Ambruk

Letusan Gunung Kelud Bikin Banyak Rumah di Kediri Ambruk
Letusan Gunung Kelud Bikin Banyak Rumah di Kediri Ambruk

jpnn.com - KEDIRI - Letusan gunung berapi yang terletak di wilayah Kabupaten Kediri, Malang dan Blitar begitu dahsyat. 

Selain menunjukkan peningkatan aktivitas vulaknik dan mengeluarkan lava pijar, getaran yang disebabkan erupsi gunung itu begitu hebat.

Akibatnya, beberapa rumah di sekitar Kediri pun ambruk.  "Ya beberapa warga  di sini ada yang ambruk," kata Hidayat, warga Kediri Jumat (14/2) dini hari.

Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, letusan pertama terjadi pada Kamis (13/2) pukul 22.50. "Arah erupsi ke barat daya," ujar Sutopo, Jumat (14/2) dini hari.

Menurutnya, letusan itu telah mengakibatkan hujan abu, kerikil dan pasir. "Sebarannya hingga radius 15 kilometer ke arah barat daya Kelud," lanjutnya.

Sutopo menambahkan, kondisi yang gelap membuat sulitnya melakukan pengamatan visual atas puncak Gunung Kelud. Namun, di puncak Kelud terus terlihat kilat yang mengindikasikan letusan masih terus berlangsung.

Sutopo menjelaskan, masyarakat dalam radius bahaya sudah diungsikan dan proses evakuasi masih berlangsung. Karenanya, masyarakat diminta mengungsi tanpa harus panik. "Masyarakat diimbau mengungsi di luar radius 10 kilometer," lanjutnya. (mas/jpnn)

KEDIRI - Letusan gunung berapi yang terletak di wilayah Kabupaten Kediri, Malang dan Blitar begitu dahsyat.  Selain menunjukkan peningkatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News