Letusan Kelud tak Pancing Erupsi Gunung Api Lain

Letusan Kelud tak Pancing Erupsi Gunung Api Lain
Dampak letusan Gunung Kelud. Grafis: Hery Owel/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA -- Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa erupsi Gunung Kelud, di Kediri, Malang dan Blitar Jawa Timur, tidak akan memicu aktifnya gunung-gunung api lainnya.

“Erupsi Gunung Kelud tidak akan memicu aktifnya gunung api lainnya. Saat ini status gunung api di Indonesia ada 2 status Awas, 3 status Siaga dan 17 status Waspada,” kata Sutopo, Jumat (14/2).

Dijelaskan Sutopo, erupsi Kelud telah mengeluarkan material 80 juta m3 abu dan pasir. Menurutnya, Gunung Kelud masih terjadi hembusan dan tremor menerus. “Status Awas (level IV). Radius 10 km harus tidak ada aktivitas warga,” kata Sutopo.

Ia menambahkan, akibat erupsi Kelud ini sebanyak tujuh bandara ditutup. Yakni, Bandara Juanda Surabaya, Abdulrahman Saleh Malang, Adi Sucipto Yogyakarta, Adi Sumarmo Solo, A.Yani Semarang, Husein S. Bandung, Tunggul Wulung Cilacap.

Lebih jauh Sutopo mengatakan bahwa Gubernur Jatim menyatakan masa tanggap darurat 13 Februari-12 Maret 2014. “Telah disiapkan 350.000 masker,” pungkas Sutopo. (boy/jpnn)

JAKARTA -- Juru Bicara Badan Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa erupsi Gunung Kelud, di Kediri, Malang dan Blitar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News