Leukemia Lebih Sering Menyerang Anak-anak?

Leukemia Lebih Sering Menyerang Anak-anak?
Anak-anak sekolah dasar sedang mengikuti upacara bendera. Foto/ilustrasi: Radar Gresik

jpnn.com - Leukemia adalah kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Pada kanker ini, sel-sel darah putih diproduksi secara abnormal sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Leukemia seperti yang saat ini diderita Shakira Aurum, anak artis Denada, dapat terjadi pada segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, ada jenis leukemia yang lebih banyak ditemukan pada anak-anak, ada pula yang lebih umum dijumpai pada dewasa.

Berdasarkan perjalanan penyakitnya, leukemia dibagi menjadi leukemia akut dan kronis. Pada leukemia akut, perkembangannya berjalan cepat sehingga dapat memburuk dengan cepat pula dan harus segera diterapi. Pada leukemia kronis, perjalanan penyakit berjalan perlahan dan fungsi sel darah tetap bisa berjalan seperti normal. Akibatnya, pada leukemia kronis sering tak terdeteksi lebih awal.

Sedangkan berdasarkan jenis sel darah yang diserang kanker, leukemia dibagi menjadi dua, yaitu leukemia limfositik dan leukemia mielogen. Dengan pembagian tersebut, secara garis besar leukemia dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis berikut:

? Leukemia limfositik akut

Jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan pada anak kecil. Namun, juga bisa terjadi pada orang dewasa.

? Leukemia mielogen akut

Jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan dari semua jenis leukemia. Bisa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Namun, lebih banyak ditemukan pada orang dewasa.

Ada jenis leukemia yang lebih banyak ditemukan pada anak-anak, ada pula yang lebih umum dijumpai pada dewasa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News