Lewat BUMN Environmental Movement, Pegadaian Ikut Bersih-bersih Pantai Melawai

Lewat BUMN Environmental Movement, Pegadaian Ikut Bersih-bersih Pantai Melawai
Workshop BUMN Environmental Movement ini merupakan kolaborasi antara Rumah BUMN, program Bank Sampah Pegadaian dan Plustik. Foto dok Pegadaian

jpnn.com, BALIKPAPAN - Ratusan milenial BUMN termasuk PT Pegadaian, mengikuti kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar Pantai Melawai didampingi oleh Startup Plustik.

Kegiatan ini merupakan rangkaian BUMN Environmental Movement, yang digelar di kota Balikpapan, pada 22-23 Juli 2023.

Tercatat sebanyak 1,1 ton sampah meliputi sampah botol plastik, kantong plastik, dan ranting pohon yang ada di bibir pantai Melawai berhasil dikumpulkan.

Di hari kedua, kegiatan kembali dilanjutkan dengan gelaran workshop pengolahan sampah dengan mengundang lebih dari 150 pelaku UMKM Kota Balikpapan Binaan Pegadaian dan Pertamina, yang dihadiri oleh Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

“Pak Erick mendorong BUMN menjadi motor penggerak terhadap pengolahan sampah agar bisa jadi manfaat ekonomi untuk masyarakat. Mulai sekarang sampah sampah rumah tangga jangan dibuang, lebih baik dikumpulkan dan dikirim ke bank sampah binaan Pegadaian untuk diinvestasikan jadi tabungan emas,” ujar Arya.

Dalam kesempatan yang sama Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Balikpapan, Julianto menyampaikan saat ini Pegadaian sudah membina 75 bank sampah di Indonesia dengan total sebanyak 9.000 nasabah, yang sudah punya rekening tabungan emas.

“Semua nasabah bank sampah pasti punya rekening tabungan emas, nasabah baru bank sampah pun akan dibukakan tabungan emas oleh Pegadaian,” jelas Julianto.

Hasil daur ulang sampah yang berhasil dikumpulkan oleh masyarakat, milenial BUMN bersama Startup Plustik, nantinya akan diolah menjadi barang berdaya guna seperti paving block, tas belanja pengganti tas plastik sampai phone holder yang juga ditampilkan dalam kegiatan tersebut.

Saat ini Pegadaian sudah membina 75 bank sampah di Indonesia dengan total sebanyak 9.000 nasabah, yang sudah punya rekening tabungan emas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News