JPNN.com

Lewat Cara ini BNI Syariah Dukung Pengembangan Ekosistem Ekonomi Halal

Rabu, 30 September 2020 – 04:47 WIB
Lewat Cara ini BNI Syariah Dukung Pengembangan Ekosistem Ekonomi Halal - JPNN.com
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo. Foto dok BNI Syariah

jpnn.com, JAKARTA - BNI Syariah menggelar workshop mengenai literasi dan inklusi keuangan perbankan syariah secara daring dengan tema 'Bank Syariah dan Tren Halal Lifestyle di Indonesia', Selasa (29/9).

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan industri halal diperkirakan menjadi new business dan new brand dengan potensi bisnis global mencapai Rp30 ribu triliun.

Sayangnya, potensi yang besar tersebut masih dinikmati negara lain dan Indonesia masih menjadi konsumen.

“Karena itu, perbankan syariah bersama stakeholder lain harus berperan aktif menangkap peluang, agar tidak hanya sebagai konsumen namun menjadi produsen serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tutur Abdullah.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sutan Emir Hidayat menjelaskan komitmen pemerintah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Untuk menopang industri halal perlu lembaga keuangan syariah yang kuat, termasuk di dalamnya perbankan syariah yang menopang industri produk halal sehingga tercipta halal value chain,” papar Sutan Emir Hidayat.

Tidak hanya meningkatkan industri halal, menurut Sultan penting untuk mengembangkan dan memperluas kegiatan usaha syariah yang memunculkan UMKM yang berorientasi ekspor.

“Perlu disiapkan infrastruktur, baik itu berupa kawasan industri halal, laboratorium industri halal, pelabuhan halal untuk memunculkan produk-produk yang inovatif, yang tidak hanya berorientasi domestik tetapi juga global,” kata Sutan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy