Minggu, 19 Mei 2019 – 21:39 WIB

Lewat Cara ini Pertamina Buktikan Sekelas Perusahaan Migas Dunia

Senin, 08 April 2019 – 18:39 WIB
Lewat Cara ini Pertamina Buktikan Sekelas Perusahaan Migas Dunia - JPNN.COM

jpnn.com, BANGGAI - Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) Adnan Rarasina menilai keberhasilan Pertamina menemukan cadangan gas dan kondensat di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menjadi bukti keandalan perusahaan migas nasional tersebut.

Bahkan, menurut dia, keberhasilan itu juga membutikan bahwa Pertamina bisa disejajarkan dengan national oil company (NOC) lain di dunia.

“Pertamina sangat agresif dalam mencari dan menemukan cadangan migas. Mereka setara dengan perusahaan migas lain di dunia,” kata Adnan, Senin (8/4).

Sama seperti perusahan migas dunia, lanjut Adnan, Pertamina terus mencari dan menemukan cadangan migas baru. Bahkan penemuan di Toili bukan yang pertama dilakukan.

Beberapa kali upaya eksplorasi yang dilakukan BUMN tersebut membuahkan hasil, bahkan beberapa di antaranya merupakan penemuan besar di dunia, seperti Parang-1 yang merupakan penemuan migas terbesar kesepuluh di dunia.

Dengan kinerja seperti ini, Adnan yakin bahwa Pertamina akan terus menemukan cadangan-cadangan migas lain.

“Dan dengan kemampuan seperti itu, akan memperkuat peran Pertamina dalam menjaga ketahanan energi nasional. Pertamina akan menjadi tulang punggung bangsa untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan energi," tegas Adnan.

Apresiasi Adnan, tak lepas dari keberhasilan Pertamina menemukan cadangan gas dan kondensat di area Pertamina EP Asset 4 di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah melalui pemboran sumur eksplorasi Morea – 001 (MOR-001) dengan kedalaman akhir 2300 meter.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar