Lewat Fotografi, Proteksi Seni Budaya Negeri Sendiri

Lewat Fotografi, Proteksi Seni Budaya Negeri Sendiri
Bupati Malinau Yansen (tiarap baju putih) ikut ambil bagian saat hunting bareng di Kaltara Photography Camp 2014 di kawasan wisata Air Terjun dan Air Panas Semolon. Foto: Agussalam Sanip/Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com - MALINAU - Berbagai cara bisa kita tempuh untuk mempromosikan pariwisata alam, seni dan kebudayaan negeri kita ini, salah satunya lewat fotografi. Berbagai daerah di Indonesia berlomba-lomba mempromosikan daerahnya dan tidak terkecuali Kabupaten Malinau.

Bupati Malinau Yansen TP sangat mendukung dan mengapresiasi para pemuda-pemudi Kaltara, khususnya Malinau yang hobi fotografi.

Untuk diketahui, Pemkab Malinau sendiri sering bekerja sama dengan berbagai kalangan, baik komunitas fotografi, perusahaan dan instansi vertikal di pemerintahan untuk menggelar hunting bareng, lomba foto dan workshop fotografi.

Salah satu acara yang baru-baru ini dilaksanakan adalah Kaltara Photography Camp 2014 yang digelar dalam rangkaian HUT ke-9 Kodim 0910 Malinau dan acara ini bekerja sama dengan Komunitas Fotografi Malinau (KFM) dan Pemkab Malinau di kawasan wisata Air Terjun dan Air Panas Semolon, Kecamatan Mentarang.

Acara ini juga mengharuskan seluruh peserta untuk menginap dan berkemah selama semalam di sana dan selama di sana mereka mengikuti berbagai kegiatan, seperti workshop fotografi dan lomba foto.

Menurut Bupati Yansen TP, acara hunting bareng dan lomba foto seperti acara Kaltara Photography Camp 2014 ini adalah bagian dari cara membangun Negeri, terutama daerah objek foto yang dieksplor, apalagi daerah perbatasan seperti Malinau. Ini bisa menjadi salah satu bagian dari promosi daerah agar adat seni kebudayaan dan kekayaan alam bisa diketahui khalayak ramai.

"Lewat foto kita bisa tampilkan alam dan serta budaya kita yang sangat indah dan lewat foto juga kita bisa memproteksi seni budaya kita dari pencaplokan negara lain," ujar Yansen.

Yansen juga berpesan, untuk para penghobi foto agar mencintai dan menjaga NKRI lewat cara mereka, yaitu fotografi. "Mari kita mencintai lingkungan dan objek sejarah lewat fotografi" pesan bupati yang hobi fotografi ini.

MALINAU - Berbagai cara bisa kita tempuh untuk mempromosikan pariwisata alam, seni dan kebudayaan negeri kita ini, salah satunya lewat fotografi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News