Lewat Program Langit Biru, Masyarakat Makin Melek Pakai BBM Ramah Lingkungan

Lewat Program Langit Biru, Masyarakat Makin Melek Pakai BBM Ramah Lingkungan
Stok BBM yang disiapkan Pertamina. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Program Langit Biru (PLB) Pertamina dinilai berhasil mengedukasi masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan

Nyatanya, banyak pengguna Premium yang sekarang beralih dari ke Pertalite, bahkan Pertamax.

“Program ini mendorong masyarakat untuk memakai BBM yang lebih ramah lingkungan. Pada akhirnya, ketika masyarakat menyadari manfaat Pertalite atau Pertamax, secara sadar beralih memakai BBM dengan oktan yang lebih tinggi tersebut. Konsumen teredukasi melalui pengalaman empiris,” ujar Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) M. Adnan Rarasina.

Itu sebabnya, Adnan sangat mendukung kelanjutan dan perluasan PLB Pertamina pada 2021 ini.

Baik yang dilakukan di area Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) maupun non Jamali.

“Kelanjutan program tersebut di berbagai kota/kabupaten dan juga perluasan di daerah lain, juga menunjukkan kepedulian Pertamina terhadap lingkungan,” tutur dia.

Adnan menegaskan, penggunaan BBM dengan oktan lebih tinggi memang sangat penting untuk menciptakan udara yang lebih sehat dan bersih.

Meski manfaatnya tidak bisa dirasakan secara instan, namun dalam jangka panjang, akan menjadi investasi bagi lingkungan dan juga kesehatan masyarakat.

Pada 2021 ini, Pertamina melanjutkan Program Langit Biru. Dalam program ini, Pertamina memberikan diskon harga bagi pengguna Pertalite.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News