Lewat SMN, Menteri BUMN Ingin Cetak SDM Berkualitas

Lewat SMN, Menteri BUMN Ingin Cetak SDM Berkualitas
Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau booth Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Papua dalam rangkaian acara Launching SMN 2018 di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (10/8). Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berperan dalam mencetak generasi muda berkualitas. Salah satunya melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018.

Menteri BUMN Rini Soemarno berharap peserta yang mengikuti program SMN 2018 bisa tumbuh menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa. 

Melalui program ini akan mengajarkan peserta untuk lebih mengenal budaya Nusantara dan kiprah BUMN dalam membangun negeri.

"Program yang sudah kami gagas sejak 2015 sangat bermanfaat untuk meningkatan pengetahuan, terutama untuk saling mengenal kebudayaan satu sama lain. Berbagai pelajaran dan pengalaman yang didapat dari program SMN ini bisa menjadi  bekal untuk menjadikan adik-adik sekalian SDM yang berkualitas demi bisa membangun Indonesia ," ujar Rini dalam Launching Program Siswa Mengenal Nusantara tahun 2018 di Vertical Garden, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Jumat (10/8)

Dalam kesempatan yang sama, Rini juga secara resmi melepas 150 siswa Program SMN. Pelepasan peserta yang bertajuk Inspiration Day ini, merupakan titik awal bagi para peserta untuk mulai menjalankan kegiatan pertukaran pelajar ke berbagai provinsi di Indonesia.

Selama dikirim ke provinsi tujuan, para peserta akan tinggal bersama keluarga angkat yang merupakan warga asli daerah tersebut. Para peserta akan memperoleh materi seperti wawasan sosial budaya, pendidikan, entrepreneurship, BUMN dan Nusantara.

Peserta program SMN adalah para pelajar terpilih yang telah melewati serangkaian proses seleksi, terkait prestasi akademik dan/atau nonakademik, aktif sebagai pengurus organisasi, dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. Untuk menciptakan kesempatan bagi seluruh pelajar tanpa terkecuali, program ini juga mengikutsertakan peserta difabel.

"Saya mendorong BUMN untuk terus mengambil bagian dalam program ini dan terus mendorong kemajuan serta prestasi generasi muda dan keutuhan negara ini tetap terjaga. Terima kasih kepada BUMN-BUMN yang sudah terlibat dalam program ini" imbuh Rini.

Melalui program ini akan mengajarkan peserta untuk lebih mengenal budaya Nusantara dan kiprah BUMN dalam membangun negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News