Libatkan Potensi Lokal dalam Penataan Perbatasan

BNPP Tetapkan Prioritas Penyelesaian Masalah Perbatasan

Libatkan Potensi Lokal dalam Penataan Perbatasan
Libatkan Potensi Lokal dalam Penataan Perbatasan
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya menata wilayah perbatasan. Tujuannya, untuk mengurangi ketimpangan dengan negara tetangga, sekaligus memberdayakan perekonomian masyarakat di perbatasan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan yang juga Ketua Dewan Penasehat Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Djoko Suyanto, menyatakan, tingkat kesejahteraan masyarakat di perbatasan yang selama ini terkesan terabaikan, harus semakin ditingkatkan. Djoko menyampaikan hal itu saat memberi sambutan pada Rapat Kerja (Raker) Rencana Aksi Pengelolaan Wilayah Perbatasan 2011 di Jakarta, Senin (7/2).

"Penataan batas negara tidak sekedar untuk menyaingi wilayah sebelahnya saja, tapi bagaimana memanfaatkan hubungan bilateral dengan negara sebelahnya," ucap Djoko yang dalam kesempatan itu didampingi Ketua BNPP yang juga Mendagri, Gamawan Fauzi.

Lebih lanjut Djoko menjelaskan, penataan wilayah perbatasan tak bisa dilakukan tanpa melibatkan potensi lokal. Sebab, diperlukan kerjasama antara pusat dan daerah sehingga tercipta koordinasi dan sinergitas pembangunan. "Berdayakan kekuatan-kekuatan lokal yang ada," cetusnya.

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya menata wilayah perbatasan. Tujuannya, untuk mengurangi ketimpangan dengan negara tetangga, sekaligus memberdayakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News