Libra Bitcoin

Oleh Dahlan Iskan

Libra Bitcoin
Dahlan Iskan.

jpnn.com - Bitcoin memang belum bisa meruntuhkan mata uang. Bahkan sempat melemah.

Namun beberapa hari terakhir ini on fire lagi. Gara-gara Facebook bikin kejutan: meluncurkan 'mata uang' baru dunia. Namanya Libra.

Bank-bank sentral di dunia pun angkat bicara. Mereka akan mewaspadai langkah baru Facebook itu. Yang akan membuat bank tidak ada gunanya lagi.

Bank sebenarnya adalah hanya perantara. Antara pemilik uang dan pengguna uang. Di zaman modern ini untuk apa lagi ada perantara?

Sebagian besar manusia ini tidak punya cukup uang. Sebagian agak besar lagi punya uang secukupnya. Hanya sebagian amat kecil yang punya uang berlebihan.

Yang tidak punya itulah yang berusaha punya uang. Dengan cara meminjam uang ke bank. Bunga tinggi. Sebagian bunga untuk pemilik uang. Sebagian lagi untuk perantaranya.

Baca Juga:

Yang bagian perantara itu dibagi dua pula: untuk keuntungan perantara dan untuk biaya perantara. Misalnya membangun gedung bank semegah-megahnya. Kian. Megah gedungnya kian Anda percaya.

Anda tidak sadar bahwa kemewahan itu Anda-lah yang membiayainya. Juga untuk membeli peralatan canggih. Dan tentu untuk gaji para pimpinan dan karyawan bank.

Usia bank sudah lebih 1.000 tahun. Sejak ada bank pertama di Italia tahun 600 masehi. Atau sekitar itu. Facebook menganggap usia 1.000 tahun sudah sangat tua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News