Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan ke Kepulauan Seribu

Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan ke Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 3.887 orang wisatawan melakukan wisata ke Kepulauan Seribu melalui Pelabuhan Kali Adem Jakarta Pusat pada Kamis (7/6).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tempat wisata  dipadati masyarakat yang memanfaatkan momen liburan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Begitu juga dengan tempat wisata di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke, Capt. Handry Sulfian mengatakan Kepulauan Seribu menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Menurutnya, akses menuju Kepulauan Seribu adalah melalui jalur laut dengan menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem Jakarta Utara.

"Masyarakat sebagian besar berangkat menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem dan di saat musim liburan seperti hari ini (Kamis) jumlah penumpangnya naik cukup signifikan," ujar Capt. Handry.

Padahal, menurut Capt. Handry, PT. Pelni juga menyiapkan kapal penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Sunda Kelapa menuju Kepulauan Seribu, namun tetap saja keberangkatan dengan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem tetap menjadi favorit pilihan masyarakat.

"Perhari ini, sebanyak 3.887 orang wisatawan telah diberangkatkan dengan 22 kapal tradisional untuk berwisata ke Kepulauan Seribu. Alhamdulillah cuaca baik dengan tinggi gelombang 1-2 meter dan kondisi aman dan tertib," tutur Capt. Handry.

Untuk itu, Capt. Handry melakukan pengawasan naik dan turun penumpang serta memastikan agar para penumpang menggunakan life jacket, dan meyakinkan bahwa tidak ada penumpang yang merokok di atas kapal, serta melarang penumpang untuk membuang sampah selama pelayaran dari Kali Adem ke Kepulauan Seribu.

Akses menuju Kepulauan Seribu adalah melalui jalur laut dengan menggunakan kapal tradisional dari Pelabuhan Kali Adem Jakarta Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News