Libur Lebaran Usai, Satgas Covid-19 Mulai Waspada, Ada Apa?

Libur Lebaran Usai, Satgas Covid-19 Mulai Waspada, Ada Apa?
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 kembali mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2022. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 kembali mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2022.

Pasalnya, tren mobilitas masyarakat juga meningkat.

“Penting untuk menjadi kewaspadaan kita bersama bahwa tren kenaikan mobilitas ternyata tidak hanya dialami oleh provinsi tujuan mudik, tetapi terjadi merata pada 33 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/5).

Wiku menuturkan Google Mobility per 6 Mei 2022 lalu menunjukkan angka kenaikan mobilitas.

Menurutnya, pada umumnya kenaikan mobilitas erjadi pada lokasi retail, rekreasi toko bahan makanan, taman, dan pusat transportasi umum, sementara mobilitas pada tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan mengalami penurunan.

Pada tempat retail dan rekreasi, Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 110 persen. Diikuti Jawa Tengah naik 85 persen dan Lampung yang naik 81 persen.

Kenaikan mobilitas pada toko bahan makanan juga terjadi di Sumatera Barat hingga peningkatan mencapai 153 persen, Lampung 127 persen dan Jawa Tengah 118 persen.

Wiku menyebut kenaikan persentase mobilitas masyarakat juga dapat dirasakan di taman, pantai dan ruang terbuka umum. Sumatera Barat mengalami peningkatan mobilitas sebesar 280 persen, Riau 225 persen, Lampung 219 persen.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 kembali mewaspadai lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News