Libur Nataru, Trafik Mobil Pribadi Menuju Sumatera Masih Tinggi

Libur Nataru, Trafik Mobil Pribadi Menuju Sumatera Masih Tinggi
Pemudik memadati Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Radar Banten

jpnn.com, MERAK - Trafik penumpang dan kendaraan yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, Lampung masih tinggi hingga Sabtu (28/12) pagi. 

Data pada Jumat (27/12) pagi hingga Sabtu (28/12) pagi tercatat 51.993 penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera atau naik 69 persen dibandingkan yang menyeberangan pada periode sama tahun lalu.

Adapun mobil pribadi yang menyeberang ke Sumatera sebanyak 5.760 unit atau naik 76,3 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu. Dan kendaraan roda empat/lebih sebanyak 8.307 unit atau naik 48,3 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Imelda Alini mengatakan, pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini pergerakan trafik penumpang dan kendaraan baik di Pelabuhan Merak maupun Bakauheni cenderung sama tingginya.

"Dengan telah beroperasinya Tol Trans Sumatera, masyarakat dari Jawa maupun Sumatera banyak yang melakukan perjalanan untuk berlibur menjelang Tahun Baru. Sampai saat ini, trafik mobil pribadi yang menggunakan layanan eksekutif masih tinggi, khususnya dari Merak menuju Bakauheni," tutur Imelda.

Tingginya minat pengguna jasa menggunakan layanan terminal eksekutif Merak-Bakauheni yang menyediakan layanan kapal ekspres dengan waktu pelayaran 1 jam. 

Terminal eksekutif juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti cafe, tempat bermain anak, nursery room, dan mushola, sehingga pengguna jasa dapat memenuhi kebutuhan atau beristirahat.

Sementara itu, data posko di Bakauheni pada Jumat (27/12) pagi hingga Sabtu (28/12) pagi mencatat jumlah total penumpang yang menyeberang sebanyak 40.961 orang atau naik 38 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 29.710 orang. 

Pada angkutan Natal dan Tahun Baru ini pergerakan trafik penumpang dan kendaraan baik di Pelabuhan Merak maupun Bakauheni cenderung sama tingginya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News