Libur Sebentar Lagi, 85 Gerbong Kereta Api Sudah Siap Melaju

Libur Sebentar Lagi, 85 Gerbong Kereta Api Sudah Siap Melaju
Kereta api. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Mendekati arus mudik, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember, Jatim terus melakukan beberapa persiapan.

Salah satunya mengintensifkan perawatan gerbong dan lokomotif. Untuk angkutan Lebaran tahun ini, PT KAI Daop 9 menyiagakan 85 gerbong dan 10 lokomotif.

Pengecekan intensif yang dilakukan, antara lain, pada sistem pengereman, kondisi kaca penumpang, alat tolak tarik, slang angin, air brake, klakson, suling lokomotif, wiper, spidometer, lampu sorot, dan radio lokomotif.

BACA JUGA : AP I Buka Layanan Mudik Gratis, Buruan Daftar

 

Untuk perawatan rutin, Depo Banyuwangi mengecat ulang bagian kereta yang sudah kusam. Atau, memastikan kondisi air conditioner (AC) dan tempat duduk penumpang.

Kepala Depo Traksi Banyuwangi Hariyono menyatakan, 8 di antara 10 lokomotif akan dioperasikan untuk kereta Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya, kereta Pandanwangi relasi Banyuwangi-Jember, Sri Tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan Jogjakarta, Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang, dan Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya.

''Ada pula yang disiapkan untuk kereta barang dan semen, sedangkan dua lokomotif lain kami siagakan untuk cadangan,'' jelasnya.

Total ada 85 gerbong kereta api yang layak dan siap melayani angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News