Libur Sekolah Panjang, Arus Mudik Diprediksi tak Serentak

Libur Sekolah Panjang, Arus Mudik Diprediksi tak Serentak
Kapolri Jendral Tito Karnavian. Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, TEGAL - Puncak arus mudik tahun ini diprediksi akan terjadi pada Jumat dan Sabtu (23-24/6) mendatang. Hal itu dikatakan Kapolri Jendral Tito Karnavian saat meninjau jalan tol fungsional, Rabu (7/6).

“Kalau lebarannya jatuh pada Minggu (25/6), saya prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada 23-24 Juni mendatang,” kata Tito seperti diberitakan Radar Tegal (Jawa Pos Group).

Dia menjelaskan, arus mudik tahun ini diprediksi tidak akan berlangsung serentak. Sebab, massa waktu libur sekolah yang panjang, sehingga tidak bersamaan dengan arus mudik dan balik saat Lebaran nanti.

Dia berharap, libur sekolah yang sudah mulai minggu depan bisa mengurangi jumlah kendaraan saat arus mudik nanti.

“Untuk arus balik saya prediksi H+5 dan H+6, seminggu setelah Lebaran. Jadi potensi kepadatan akan terurai karena masa libur sekolah masih lama,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pemudik untuk tidak mudik bersamaan. Sebab, ada beberapa hari yang mulai masuk cuti bersama, sehingga bisa melaksanakan mudik lebih cepat tanpa menunggu H-3 sampai H-1 untuk melakukan mudik.

“Saya menyarankan kepada warga yang ingin mudik tidak usah menunggu pas puncaknya, jadi bisa mengurai kemacetan,” imbaunya.

Dia juga meminta kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk tidak mengunakannya lagi tahun ini.

Puncak arus mudik tahun ini diprediksi akan terjadi pada Jumat dan Sabtu (23-24/6) mendatang. Hal itu dikatakan Kapolri Jendral Tito Karnavian saat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News