License Pilot dan Teknisi Heli yang Hilang Terancam Dicabut

License Pilot dan Teknisi Heli yang Hilang Terancam Dicabut
ILUSTRASI. Pixabay.com

jpnn.com - JAKARTA  - Dua kru helikopter EC 130 PK-BKA dinyatakan telah melanggar prosedur saat penerbangan. Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto menyatakan, pilot helikopter Captain Teguh Mulyanto dan teknisi bernama Heri Purwanto telah melakukan tindakan tidak disiplin.

Kesalahan pertama, yakni mereka tidak mengisi flight plan serta tidak melakukan kontak ke Air Traffic Services (ATS) ke unit Medan dan mengabaikan jarak pandang.

“Mereka tidak melakukan (penerbangan) sesuai prosedur,” tutur Novie saat mengelar jumpa pers di kantornya, Jakarta, Senin (12/10).

Untuk itu, surat izin keduanya terancam dicopot. Pasalnya, semua pihak harus menaati peraturan dan prosedur yang ada. Terlebih, wilayah Sumatera dan Kalimantan saat ini tengah terjadi kabut asap yang mengganggu penerbangan.

“License-nya bisa dicabut karena tidak melakukan penerbangan sesuai prosedur. Disiplin kan perlu, apalagi sedang terjadi kabut asap seperti itu. Ini masalah disiplin. Disiplin harus dilakukan oleh semua pihak,” tandas Novie.(chi/jpnn)


JAKARTA  - Dua kru helikopter EC 130 PK-BKA dinyatakan telah melanggar prosedur saat penerbangan. Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News