Liga 1 Pakai Format Baru, Pemasukan Klub Tahun Ini Akan Lebih Besar

Liga 1 Pakai Format Baru, Pemasukan Klub Tahun Ini Akan Lebih Besar
Dirut Utama PT LIB Ferry Paulus ketika ditemui awak media seusai mengikuti RUPS PT LIB 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/6/2023). Foto: ANTARA/Zaro Ezza Syachniar

jpnn.com, JAKARTA - Klub-klub Liga 1 musim ini dipastikan akan mendapatkan pemasukan jauh lebih besar dibanding kompetisi sebelumnya.

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus setelah mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (20/6).

Ferry mengatakan setiap klub akan mendapatkan pemasukan lebih banyak dari kontribusi tetap dan kontribusi variabel.

“Kalau reguler series rasanya sangat bombastis. Kita buat tier berbeda. Ada fix kontribusi besar dari yang lalu. Ada variable kontribusi. Itu memuat aspek-aspek kompetitif dalam berikan hadiah bagi klub,” kata Ferry Paulus.

Kontribusi variabel itu terdiri dari sporting merit atau pemasukan berdasarkan peringkat klasemen akhir kompetisi reguler series dan TV rating & sharing.

“Nomor satu dari ranking terbaik akan dapat nilai lebih besar sampai peringkat paling bawah. Sehingga pundi-pundi finansial benar-benar bisa dibilang tiga kali dari fix kontribusi (subsisi per bulan) yang didapat. Sehingga musim depan, klub-klub akan dapat manfaat luar biasa,” ucap Ferry.

“Ada juga dari rating TV. Ini kita berikan apresiasi ke klub hadiah tadi. Nilainya sangat fantastis. Yang sudah kita planning-kan revenue dikembalikan ke klub semua,” imbuhnya.

"Dari aspek komersialisasi yang namanya rating dan share, itu dari ranking pertama sampai ranking 18 dapat, sehingga kalau klub yang degradasi, mungkin katakanlah mereka dapat fixed kontribusi yang sama dengan klub lain, ditambah dengan rating atau share," lanjutnya.

Klub-klub Liga 1 musim ini dipastikan akan mendapatkan pemasukan jauh lebih besar dibanding kompetisi sebelumnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News