Liga Arab Tegaskan Dukungan Bagi Palestina Merdeka

Liga Arab Tegaskan Dukungan Bagi Palestina Merdeka
Peta negara-negara Liga Arab. Foto: southfront.org

jpnn.com, KAIRO - Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Minggu (29/11) membahas perkembangan terkini di Palestina.

Dalam pertemuan yang diadakan di ibu kota Mesir, Kairo, tersebut Abbas dan Aboul-Gheit meninjau berbagai aspek dari perjuangan Palestina menyusul perkembangan terbaru di kancah politik internasional, ungkap Liga Arab dalam sebuah pernyataan.

Presiden Abbas menyampaikan kepada pimpinan Liga Arab itu terkait langkah Palestina baru-baru ini untuk memulihkan kembali hubungan dengan Israel, rekonsiliasi nasional Palestina, serta dampak kondisi regional pada masalah Palestina.

Sementara itu, Aboul-Gheit menegaskan kepada Abbas bahwa Liga Arab akan selalu "mendukung perjuangan dan ketabahan bangsa Palestina dalam mendapatkan kembali hak sah mereka, mencapai perdamaian yang adil, serta mendirikan negara Palestina yang merdeka dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya."

Abbas tiba di Kairo pada Minggu untuk melangsungkan lawatan resmi. Dalam lawatan tersebut, dia akan bertemu dengan Presiden Mesir Abdel-Fatah al-Sisi.

Sebelumnya pada hari yang sama, Abbas membahas perkembangan perjuangan Palestina dengan Raja Yordania Abdullah II dalam sebuah pertemuan di Kota Aqaba, Yordania.

Lawatan regional Abbas ini dilakukan dua pekan setelah Otoritas Palestina memutuskan untuk memulihkan hubungan dengan Israel setelah pihak Palestina menangguhkan hubungan mereka selama enam bulan sebagai protes terhadap rencana Israel untuk menganeksasi beberapa wilayah di Tepi Barat yang diduduki. (xinhua/ant/dil/jpnn)

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan pembahasan pada Minggu (29/11)


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News