Lihat Foto Ini, Nelayan Tak Takut

Lihat Foto Ini, Nelayan Tak Takut
Sejumlah nelayan berusaha mendorong ikan hiu paus yang terdampar di pesisir pantai Rote Ndao pada Senin (21/9). Foto: Foto: Antara/HO-BKKPN

jpnn.com, KUPANG - Seekor hiu paus yang terjerat jaring ketika mencari makan di pesisir pantai di Desa Kolobolon, Kabupaten Rote Ndao, NTT, diselamatkan nelayan.

Pelaksana Tugas Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Kupang mengatakan, kejadian penyelamatan itu dilakukan pada Senin (21/9) ketika hiu paus itu diketahui terperangkap.

"Nelayan di sana sudah menyelamatkan hiu paus tersebut dan sudah dikembalikan ke tengah laut lagi," katanya, Selasa (22/9).

Hiu paus itu, tambah dia, diselamatkan oleh para nelayan di pesisir pantai itu dengan cara mendorongnya, karena cukup besar dan memiliki panjang empat meter.

Pihak BKKPN, ujarnya, usai penyelamatan dan pelepasan tersebut terus melakukan pemantauan dan berkomunikasi dengan warga setempat untuk memastikan bahwa hiu paus itu tak kembali lagi ke pesisir pantai.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada awal September, warga di Kabupaten Sabu Raijua juga berhasil menyelamatkan seekor lumba-lumba yang terdampar di pasisir pantai Napae.

"Tetapi, kemudian lumba-lumba itu kembali lagi ke pesisir pantai, warga dan nelayan kemudian berusaha menyelamatkannya lagi. Setelah itu tak diketahui lagi keberadaannya," tutur dia.

Ia mengatakan dua kejadian tersebut membuktikan bahwa saat ini masyarakat khususnya nelayan di NTT mulai sadar bahwa mamalia seperti paus, lumba-lumba, penyu dan mamalia lainnya dilindungi oleh UU.

Sejumlah nelayan dikejutkan dengan kemunculan sesuatu saat tengah hendak mencari ikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News