JPNN.com

Lihat, Inilah Kemasan Herbal Produk Hadi Pranoto

Selasa, 04 Agustus 2020 – 07:38 WIB
Lihat, Inilah Kemasan Herbal Produk Hadi Pranoto - JPNN.com
Peneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal yang diklaim untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020). Foto: ANTARA /Arif Firmansyah/hp

jpnn.com, JAKARTA - Pria bernama Hadi Pranoto yang tampil dalam video di kanal YouTube penyanyi Erdian Aji Prihartanto atau Anji, mengklaim telah memiliki obat COVID-19.

PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengimbau masyarakat agar tetap kritis dalam menerima informasi yang belum jelas sumber kebenarannya tentang COVID-19 sekalipun mendapati info tersebut dari seorang publik figur.

"Masyarakat agar tetap kritis dan tidak mudah percaya pada informasi yang belum jelas sekalipun itu disampaikan oleh publik figur," kata Humas PB IDI dr Abdul Halik Malik saat dihubungi di Jakarta, Senin (3/8).

Dia menyarankan agar masyarakat selalu memastikan untuk mendapat keterangan lain atau mengecek kembali kebenaran akan informasi pada sumber-sumber informasi yang kredibel dan terpercaya.

Menurut dia, komunikasi publik yang kredibel dan terpercaya sangat penting untuk mencegah terjadinya infodemi di tengah pandemi.

Yang dimaksud infodemi di sini adalah penyebaran informasi yang tidak benar secara cepat ke banyak orang dan dapat menyebabkan pandemi COVID-19 bertambah buruk.

"Literasi informasi yang baik diperlukan di tengah maraknya misinformasi dan informasi yang tidak jelas agar tidak membingungkan masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi dan edukasi seputar COVID-19 dan penanganannya perlu terus disampaikan oleh pemerintah dan para pihak dengan merujuk pada pedoman standar atau protokol kesehatan yang sudah ada.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo