Lihat, Kapal Berbendera Malaysia Diburu Tim KKP di Selat Malaka, Menegangkan

Lihat, Kapal Berbendera Malaysia Diburu Tim KKP di Selat Malaka, Menegangkan
Tim KKP mengamankan pelaku penangkapan ikan ilegal di Selat Malaka. ANTARA/HO-KKP

jpnn.com, JAKARTA - Tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengamankan tiga kapal yang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal di kawasan perairan nasional di Selat Malaka.

Dua di antara tiga kapal pencuri ikan yang diburu dan berhasil diamankan itu berbendera Malaysia.

Plt Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Antam Novambar menyatakan jajarannya tidak ada kata kendor untuk memberantas pelaku illegal fishing.

"Sebagaimana arahan Pak Menteri, kami akan tegas dan menjadi garda terdepan dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan," kata Antam Novambar dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (26/1).

Mantan wakil kepala Bareskrim Polri itu  juga mengatakan kondisi cuaca laut yang sedang ekstrem tidak menghalangi tekad kapal pengawas perikanan KKP untuk terus menjaga kedaulatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Berdasarkan penjelasan Antam, Ditjen PSDKP-KKP kembali mengamankan dua kapal ikan asing ilegal berbendera Malaysia yang mencuri ikan.

Selain itu juga diamankan satu kapal Indonesia yang mengoperasikan alat tangkap trawl di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPP-NRI) 571 Selat Malaka.

Sebelum tertangkap, salah satu kapal berbendera Malaysia itu bahkan terlibat kejar-kejaran menegangkan dengan tim KKP.

Sebelum tertangkap, salah satu kapal berbendera Malaysia terlibat kejar-kejaran dengan aparat KKP di Selat Malaka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News