Lihat, Uang Rp 25 Juta Milik Petani Ikut Terbakar

Lihat, Uang Rp 25 Juta Milik Petani Ikut Terbakar
Uang Rp 25 juta milik Panijo terbakar. Foto: R.Bagus Rahadi/Radar Madiun/JPNN.com

jpnn.com, MADIUN - Uang tunai Rp 25 juta milik Panijo, 85, terbakar. Itu setelah rumahnya di RT 18, RW 5, Dusun Banjar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun, Jatim, dilalap si jago merah, Minggu (11/3).

Tinggal tersisa Rp 1 juta. ‘’Saya tidak tahu kalau bapak menyimpan uang sebanyak itu,’’ tutur Prayitno, anak Panijo.

Usut punya usut, uang tunai yang terdiri dari berbagai pecahan itu didapatkan Panijo dari hasil penjualan sawah. Namun, Panijo tak pernah menceritakan uang itu kepada anak keempatnya itu.

Uang puluhan juta itu disimpan di dalam tas kresek, lalu dimasukkan ke dalam glangsing. Supaya aman, uang itu diletakkan di atas wuwung genting. Nahasnya, uang itu malah terbakar. ‘’Kalau bisa ya ditukar,’’ harapnya.

Insiden sekitar pukul 06.00 itu juga membakar perabot rumah kakek yang sehari-hari bekerja sebagai petani tersebut. Kobaran api baru berhasil dipadamkan setelah satu jam.

‘’Setelah melihat ada api, warga langsung berteriak mengabarkan,’’ tegas Supandi, Kepala Dusun setempat.

Api cepat menyebar lantaran rumah Panijo terbuat dari kayu. ‘’Tidak tahu sumber apinya dari mana. Tahu-tahu sudah membesar,’’ terangnya. Total kerugian materi ditaksir lebih dari Rp 35 juta.

Kapolsek Pilangkenceng AKP Sudarno menduga kebakaran disebabkan korsleting. Percikan api yang kecil itu dengan cepat membakar rumah yang terbuat dari kayu tersebut.

Uang hasil jual sawah Rp 25 juta yang disimpan di atas wuwung genting ikut terbakar, tersisa Rp 1 juta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News