Lima Anggota Brimob Polda Kaltim Dipecat

Lima Anggota Brimob Polda Kaltim Dipecat
Lima Anggota Brimob Polda Kaltim Dipecat

jpnn.com - BALIKPAPAN- Langkah tegas diambil Brigade Mobil (Brimob) Polda Kaltim. Lima anggotanya dipecat karena terlibat penyalahgunaan narkoba.  Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Leo Bona Lubis menegaskan, tak akan membela anggotanya jika bermain narkoba. Sepanjang 2013 ini, kata dia, putusan sanksi pemecatan diambil untuk lima anggotanya yang terlibat penyalahgunaan barang haram tersebut.

"Saya sudah tak bisa tolelir lagi kalau ada anak-anak (anggota Brimob) bermain narkoba dan terbukti selama proses penyidikannya. Ini sudah saya wanti-wanti dan perintahkan sejak dulu,” tuturnya.  Sedangkan 18 personel lainnya, ada yang masih menjalani proses penyidikan serta sidang disiplin. Rata-rata pelanggarannya, ada yang terlibat pidana ada pula karena melanggar disiplin.

Dari lima personel dipecat tadi, kasusnya sudah bergulir dari 2010 hingga 2012. Kejahatan yang dilakukan sampai proses peradilan umum, kemudian sanksi dipecat diputuskan pada 2013.

Selain narkoba, kejahatan lainnya yang bisa membuat perwira melati tiga ini geram yakni jika ada anggotanya menyakiti masyarakat. “Jangan sampai ada anak-anak saya menyakiti masyarakat, saya pasti tindak itu. Brimob itu melindungi bukan menyakiti,” urai alumnus Akpol 1990.

Mantan Kasat Brimob Kepulauan Bangka Belitung ini menuturkan, tes urine terus dilakukan secara berkala. Ini antisipasi pendeteksian narkoba.“Tes urine rutin dilaksanakan, baik di Balikpapan dan kompi-kompi di luar Balikpapan. Sifatnya dadakan, hasilnya sejauh ini negatif,” jelasnya.

Dengan adanya pemecatan ini, jumlah personel Brimob masih belum bisa mencapai angka ideal. Sebelumnya, di sela perayaan  HUT ke-68 Brimob di Markas Satuan Brimob Polda Kaltim, Balikpapan, Kamis (14/11), Kapolda Kaltim Irjen Dicky Atotoy mengatakan, saat ini jumlah personel Brimob Polda Kaltim belum memadai. Idealnya personel Brimob ada 2.600 orang, saat ini baru 1.100 orang.  

“Sudah ada penambahan 480-an lagi (personel Brimob). Mudah-mudahan untuk 2014 bisa mencapai standar minimum ideal,” kata Dicky.(aim/far/k1)


BALIKPAPAN- Langkah tegas diambil Brigade Mobil (Brimob) Polda Kaltim. Lima anggotanya dipecat karena terlibat penyalahgunaan narkoba.  Kasat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News