Lima Belas Menit Harus Sajikan 12 Menu

Lima Belas Menit Harus Sajikan 12 Menu
BARISTA BERPRESTASI : Doddy Samsura di tempatnya bekerja di coffee shop kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Minggu malam (21/7). Foto: Puguh Sujiatmiko/JAWA POS
Berawal dari iseng melamar sebagai barista, dunia kopi malah membawa sejumlah penghargaan bagi Doddy Samsura. Dia kini menyandang gelar barista nomor wahid di tanah air dan berhak mewakili Indonesia di kejuaraan internasional.

 

GUNAWAN SUTANTO, Jakarta
 

Celemek cokelat dipadu T-shirt merah cukup mewakili sosok Doddy Samsura sebagai seorang barista. Minggu malam (21/7) itu dia tampak begitu santai saat menemui Jawa Pos yang berkunjung di coffee shop, tempatnya bekerja, di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Bagi Doddy, dunia racik-meracik kopi sudah mendarah daging. Dia hampir tidak bisa dipisahkan dari kenikmatan orang menyeruput kopi seduhannya. Padahal, dia menjalani profesi itu secara tidak sengaja.

"Betul. Awalnya saya hanya iseng-iseng cari pekerjaan. Lha kok tenyata lamaran saya diterima. Padahal, saya belum mempunyai pengalaman sama sekali sebagai barista," ujar alumnus Fakultas Filsafat UGM 2008 itu.

Berawal dari iseng melamar sebagai barista, dunia kopi malah membawa sejumlah penghargaan bagi Doddy Samsura. Dia kini menyandang gelar barista nomor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News