Lima Kecamatan di Konawe Disapu Puting Beliung

Lima Kecamatan di Konawe Disapu Puting Beliung
Lima Kecamatan di Konawe Disapu Puting Beliung
UNAAHA - Angin puting beliung yang berhembus kencang, meratakan sedikitnya enam rumah warga, di lima desa Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Tak hanya itu, sekitar 90-an bangunan bangsal usaha  batu bata,  milik warga juga rubuh, termasuk sebuah Madrasah Ibtidaiyah swasta milik lembaga pendidikan Ma"arif NU. Korban lain sekitar 50-an rumah warga mengalami kerusakan berat dan ringan. Untuk saja tak ada korban jiwa dari bencana tersebut.

Dari pantauan di lokasi bencana, kelima desa yang terkena bencana angin puting beliung tersebut yaitu Desa Napoosi, Desa Onembute, Desa Kumpao, Desa Ulu Onembute dan Desa Kasumeia. Dari kelima desa itu, Desa Napoosi mengalami kerusakan terparah dan terbanyak bangunan rubuh.

Saat kejadian, tak satupun warga Onembute menyangka kalau hembusan angin puting beliungi itu meratakan rumah dan puluhan bangsal usaha batu bata mereka.

Hamran alias Andreas (35), warga Desa Kumapo mengaku saat kejadian ia sedang berada di luar rumah. Rumah induk pria lajang terbuat dari papan dan beratapkan rumbia, rata dengan tanah. "Sekarang saya mengungsi di rumah om saya. Kebetulan saya tinggal sendiri, kedua orang tua saya sudah meninggal dunia. Saya tidak bisa hitung kerugianku karena tidak ada barang berharga didalam. Hanya ini rumah yang hancur," kata Hamran, lirih  saat ditemui akhir pekan lalu.

UNAAHA - Angin puting beliung yang berhembus kencang, meratakan sedikitnya enam rumah warga, di lima desa Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, Provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News